Rabu, 18 Juni 2014

5 Hal Penting Dilakukan Untuk Mencegah Stroke



Lebih dari ratusan ribu orang menderita stroke setiap tahun. Namun, penelitian saat ini menunjukkan bahwa ada beberapa cara untuk mencegah diri dari mengalami kondisi yang mengancam jiwa ini. Makan ikan dapat membantu mengurangi risiko stroke.
Berikut lima hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terserang stroke:
1. Makan makanan berserat
Kita tahu bahwa serat baik untuk kesehatan jantung kita, namun para peneliti juga menemukan bahwa orang yang makan cukup serat dalam menu harian mereka juga mengurangi risiko stroke. Mengapa? Ternyata serat membantu mengurangi masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan bahkan obesitas sehingga mengurangi resiko terkena stroke.
Jadi berapa banyak serat yang harus Anda konsumsi setiap hari? Direkomendasikan jumlah serat yang harus Anda konsumsi setiap hari adalah 25 gram untuk perempuan dan 38 untuk laki-laki. Tambahkan serat ke dalam menu makanan Anda dan pastikan untuk minum banyak air juga setiap hari, minimal 8 gelar air perhari.
2. Olahraga
Apakah ada kerugiannya kalau berolahraga? Tentu saja tidak, justru olahraga membantu kita menurunkan berat badan, membuat kita lebih fokus dan melepaskan serotonin, yang membuat kita merasa bahagia. Namun penelitian juga menemukan hanya dengan 20 menit per hari atau 2 jam per minggu, dapat mengurangi resiko Anda terkena stroke. Dalam sebuah penelitian dengan 40.000 wanita selama 12 tahun, wanita yang berjalan pada kecepatan sedang hanya 20 menit per hari memiliki 30 persen penurunan resiko terkena stroke. Wanita yang berjalan dengan kecepatan tinggi, mereka mengalami penurunan risiko sebesar 40 persen!
3. Tambahkan ikan untuk menu makanan Anda
Makanan lain yang wajib anda konsumsi adalah ikan! Protein ini disebut-sebut mampu menurunkan resiko Anda untuk terkena penyakit jantung, tapi penelitian menemukan bahwa orang yang makan 2 - 4 porsi ikan dalam seminggu memiliki risiko 6 persen lebih rendah mengalami stroke atau stroke ringan, sedangkan mereka yang makan 5 porsi atau lebih mengalami penurunan 12%. 
4. Berhenti merokok
Selain untuk mengurangi resiko terkena stroke ada sejuta alasan untuk berhenti merokok. Rokok secara signifikan dapat meningkatkan risiko hipertensi dan ini menjadi faktor utama yang menyebabkan stroke. Berhenti merokok sekarang dan risiko mengalami stroke turun secara signifikan dalam 2 tahun dan pada perokok berat resiko berkurang dalam waktu lima tahun.
5. Batasi minum soft drink
Soft drink juga dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan stroke karena banyak mengandung gula dan juga mengandung alkohol. Batasi jumlah minuman soft drink tidak lebih dari 2 per minggu.

Artikel Terkait

5 Hal Penting Dilakukan Untuk Mencegah Stroke
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email